Kamis, 06 September 2012

KEGUNAAN GAHARU



Pemanfaatan gaharu yang paling banyak adalah dalam bentuk bahan baku (kayu bulatan, cacahan, bubuk). Aroma wangi atau harum dengan cara membakar secara sederhana banyak dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah (seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yaman, Oman), sedangkan penggunaan yang dalam bnetuk sulingan  banyak dilakukan di Cina, Korea, dan Jepang seperti bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetika, dupa, dan berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan keagamaan, khususnya agama shinto,budha dan kepercayaan lainnya.


Perkembangan teknologi kedokteran telah membuktikan secara klinis bahwa gaharu dapat dimanfaatkan sebagai obat seperti anti asmatik, anti mikroba, stimulan kerja syaraf dan pencernaan.  Di Cina  Gaharu digunakan sebagai obat sakit perut, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, kanker, diare, ginjal, paru-paru, dll.  Di Eropa, gaharu dimanfaatkan  sebagai obat kancer.  Di India, gaharu juga dipakai sebagai obat tumor usus.  Disamping itu di beberapa negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika  sudah membudidayakan kayu  gaharu ini sebagai obat-obatan seperti penghilang stres, gangguan ginjal, sakit perut, asma, hepatitis, sirosis, pembengkakan liver .



Karena banyak sekali kegunaan kayu gaharu ini maka nilainya dari tahun ke tahun semakin naik dan jadi barang berharga seperti emas ( emas hitam ) semoga ini dapat sedikit menjadi gambaran bagi kita agar kita lebih semangat lagi menanam kayu gaharu. hubungi kami untuk keperluan budi daya gaharu mulai dari bibit sampai panen +628127671805

Tidak ada komentar:

Posting Komentar